Pedoman Magnit, Variasi, Deviasi, Semper

PEDOMAN MAGNIT, VARIASI, DEVIASI DAN SEMBIRPENDAHULUAN 


Bagi seorang mulaim diatas kapalnya ditengah laut, maka cakrawala baginya merupakan sebuah lingkaran yang ditarik dipermukaan bumi dengan kapalnya sebagai titik-pusatnya. Disana baginya tak ada suatu titik dicakrawala yang didapat ia bedakan terhadap titik-titik lainnya di cakrawala itu. Oleh karena itu perlulah ditentukan arah-arah tertentu bagi pegangan.

PEDOMAN MAGNIT

Alat ini adalah paling penting dari Ilmu Pelayanan. Gunanya yang sebenarnya adalah untuk menentukan arah, jadi dalam lapangan navigasi dipergunakan untuk menentukan haluan kapal dan mengambil baringan atas sebuah benda tetap diluar kapal.
Alat ini dalam prinsipnya dibuat atas dasar sifat-sifat dan beberapa hukum magnit, yang antara lain dapatlah diperinci seperti dibawah ini :

  1. Sebuah jarum magnit mempunyai gaya-tarik atas baja dan besi.
  2. Pengaruh gaya itu ternyata sangat kuat ditempat yang berdekatan dengan ujung batang magnit, atau ujung itu disebut juga kutub dari pada batang magnit itu.
  3. Apabila sebuah jarum magnit ditempatkan sedemikian, sehingga ia dapat bebas berputar atas muka yang mendatar, maka ia akan mengarahkan diri ke jurusan yang tertentu.
  4. Kutubnya yang satu akan diarahkan kurang lebih ke Utara dan kutub lainnya ke Selatan.
  5. Kutub yang senama menolak satu sama lain, sedang kutub yang tidak senama menarik satu sama lain.


Postingan populer dari blog ini

Pengoperasian Radar Navigasi

Pedoman Gasing (Gyro Compass), Hukum-hukum gasing, Kedudukan Gyro-Scope di Bumi

Pendeteksian, Sea – Return (Sea Cluter), Echo Palsu, Pancaran gelombang radio RACON