Susunan Koordinat di Bumi


A.    ISTILAH
Seperti telah diuraikan sebelumnya, bumi itu mempunyai bangun berbentuk bola, dan berputar dalam waktu 23 jam 56 menit 04 detik satu kali pada suatu garis yang kita namakan POROS-BUMI. Jadi poros-bumi itu adalah sebuah garis khayal, dimana bumi berputar.

Poros-bumi memotong permukaan bumi pada dua titik, yang dinamakan KUTUB UTARA dan KUTUB SELATAN dari pada bumi.
Muka atau bidang yang melalui titik pusat bumi dan tegak lurus pada poros bumi, memotong permukaan bumi menurut sebuah lingkaran besar, yang disebut KATULISNYA bumi.
Katulistiwa membagi bumi menjadi dua setengah bulatan, ialah setengah bulatan atau belah bulatan Utara dan setengah bulatan atau belah bulatan Selatan.
Jadi Katulistiwa itu sebenarnya adalah sebuah lingkaran besar, dimana bidangnya tegak lurus pada poros-bumi. Tiap-tiap titik di katulistiwa letaknya 90o dari kutub-kutub. Maka itu Kutub Utara yang letaknya 90o sebelah Utara dari katulistiwa, dapat dikatakan lintang 90o Utara serta demikian juga lintang Kutub Selatan adalah 90oSelatan.

Yang disebut Lingkaran Besar itu ialah sebuah lingkaran di permukaan bola yang titik-pusatnya berimpit dengan pusat bola, sedangkan lingkaran dipermukaan bumi yang titik-pusatya tidak berimpit dengan pusat bola, dinamakan Lingkaran Kecil.
Sebuah bidang yang melalui poros bumi dinamakan bidang atau muka-derajah. Dalam penentuan selanjutnya didalam Ilmu Pelayaran, bahwasanya bumi itu bulat, maka derajah memotong permukaan bumi suatu lingkaran besar yang melalui kedua kutub.
Yang disebut DERAJAH suatu tempat dibumi ialah busur dari pada lingkaran besar yang menghubungkan kutub-kutub dengan melalui tempat itu.
Derajah yang melalui tempat Greewich dikepulaua Inggris dinamakan PERDANA DERAJAH atau Derajah 0o (nol), derajah mana di pakai sebagai asal mula perhitungan bujur. Perdana derajah membagi bumi antara bujur Timur dan Bujur Barat.
Lingkaran-lingkaran kecil yang sejajar dengan katulistiwa namanya JAJAR. Jajar-jajar yang letaknya sebelah Utara katulistiwa, disebut jajar-jajar Utara, yang disebelah Selatan jajar Selatan. Menghitungnya mulai dai katulistiwa atau Oo ke Utara sampai 90o Utara, ialah di Kutub Utara, dan ke Selatan sampai 90o Selatan, ialah di Kutub Selatan.
Maka itu ada kalanya katulistiwa juga disebut “Jajar Oo


Jajar yang letaknya di belah-bulatan Utara 23,5o dari katulistiwa, ialah lintang 23,5o Utara, dinamakan LINGKARAN BALIK MENGKARA. Serta jajad yang letaknya di belah-bulatan Selatan 23,5o katulistiwa, ialah lintang 23,5o Selatan, namanya LINGKARAN BALIK JADAYAT.

Jajar yang letaknya 66,5o Utara, disebut LINGKARAN KUTUB UTARA, serta yang letaknya 66,5o Selatan, ialah LINGKARAN KUTUB SELATAN.
DAERAH TROPIS ialah daerah di bumi yang letaknya antara lingkaran Balik Mengkara dan Lingkaran Balik Jadayat, sedang daerah antara jajar-jajar 23,5o dan 66,5o disebut DAERAH SEDANG.

DAERAH DINGIN ialah daeah yang letaknya antara jajar 66,5o dan kutub-kutub.
Letak suatu tempat dibumi ditentukan oleh koordinat-koordinat lintang dan Bujur.
LINTANG salah satu tempat di bumi, ialah sudut yang dibangun antara garis tegak atau normal dari tempat itu, dengan muka katulistiwa. Atau dapat juga dikatakan :
Lintang suatu tempat dibumi ialah sebagian busur dari derajah yang melalui tempat itu, terhitung dari katulistiwa sampai jajar yang melalui tempat tersebut.
BUJUR suatu tempat dibumi ialah sudut yang dibangun antara bidang Perdana derajah dengan derajah yang melalui tempat itu. Atau dapat juga dikatakan :
Bujur suatu tempat dibumi ialah sebagian busur dari katulistiwa, terhitung dari Perdana derajah sampai derajah dari tempat tersebut.

Lintangnya F : 
Sudut FPC atau busur 
FC = lintang F = lintang Utara.

Lintangnya H : 
Sudut HPD atau busur 
HD = lintang H = lintang Selatan.

Bujurnya L : 
Sudut GPF atau busur GF = bujur L = bujur Timur.
Bujurnya N : 
Sudut GPH atau busur HG = bujur N = bujur Barat.
Lintang dihitung dari 0o(katulistiwa) sampai 90o (kutub), dan bujur dihitung tidak lebih dari 180o.
Berhubung dengan itu, dibeda-bedakan lintang Utara dan lintang Selatan, menurut keadaan apakah suatu tempat letaknya disebelah Utara atau Selatan dari katulistiwa, serta bujur Timur dan bujur Barat, menurut keadaan apakah suatu tempat letaknya di sisi Timur atau sisi Baratnya perdana derajah (bujur 0o).
Karena bujur hanya dihitung sampai 180oke Timur atau ke Barat, terdapatlah derajah 180o sebagai perpanjangan dari Busur Perdana derajah.
Derajah 0o dan derajah 180otidak mempunyai nama Timur atau Barat, sedangkan juga Kutub Utara dan Kutub Selatan cukup dengan lintang 90o U dan 90o S.

Postingan populer dari blog ini

Pengoperasian Radar Navigasi

Pedoman Gasing (Gyro Compass), Hukum-hukum gasing, Kedudukan Gyro-Scope di Bumi

Pendeteksian, Sea – Return (Sea Cluter), Echo Palsu, Pancaran gelombang radio RACON