Postingan

DAFTAR DEVIASI

DAFTAR DEVIASI Ialah suatu tabel yang menunjukkan nilai deviasi untuk haluan-haluan surat induk (Utara. Timur. Selatan Dan Barat) dan haluan-haluan surat. Induk antara (Timur Laut, Tenggara, Barat Daya dan Barat Laut). Tabel-tabel tersebut daftar deviasi yang dihasilkan setelah kapal melakukan kalibrasi/penimbalan penuh. Bentuk dari pada daftar deviasi ada 2 macam : 1. Skala Tegak 2. Skala Grafik 2.11.1 Membuat daftar Deviasi: Tiap-tiap kapal yang diperlengkapi dengan pedoman magnet selalu terdapat suatu tabel yang menunjukkan nilai-nilai deviasi pada haluan2 tertentu. Daftar deviasi dibuat oleh petugas khusus (Compass Adjuster) yang menimbai pedoman (dari Pengawas Keselamatan Pelayaran) pada waktu kapal turun dok. Meskipun sudah ada daftar deviasi di kapal, tetapi dianjurkan kepada para Mualim untuk selalu mengecek nilai deviasi tersebut. Karena dengan adanya muatan-muatan di kapal, mungkin terdapat muatan yang mengandung magnetis sehingga deviasi dapat berubah, (ti

PENEMPATAN PEDOMAN MAGNET DI ATAS KAPAL

Gambar
PENEMPATAN PEDOMAN MAGNET DI ATAS KAPAL 1) Perlengkapan pedoman magnet, jika dianggap wajar dan dapat diterapkan, harus ditempatkan pada garis sumbu kapal atau sejajar dengan sumbu kapal. Garis layar utama (main lubber mark) harus menunjukan arah kapal dengan kecepatan ± 0,5°. 2) Pedoman standar harus dipasang sedemikian rupa sehingga dari posisinya sedapat mungkin pandangan tidak terhalang untuk keperluan mengambil baring horizontal dan baringan angkasa (celestial). Pedoman kemudi harus dapat dibaca dengan jelas oleh jurumudi pada posisi pengemudian utama. 3) Pedoman magnet harus di pasang sejauh mungkin dari bahan yang mengandung magnet. Jarak minimum pedoman standar dari setiap bahan yang mengandungmagnet yang merupakan bagian dari bangunan kapal harus di setujui oleh pemerintah. Diagram berikut memeberikan panduan umum untuk menentukan jarak minimum yang layak dari pedoman standar. 4) Jarak-jarak minimum yang layak untuk pedoman kemudi dapat di kurangi hingga