Postingan

Tugas dan Tanggung Jawab Nahkoda Kapal

Gambar
Memberikan petunjuk dalam membantu Nahkoda menyiapkan pemeriksaan dan audit kapal TANGGUNG JAWAB Pemeriksaan Luar 1. Persyaratan umum Kapal harus diperiksa oleh para pihak yang berkepentingan. Diantaranya  Pemilik O/S dan perwakilan Surveyor dari perusahaan asuransi Surveyor klas Negara bendera / pelabuhan Bila kapal gagal diperiksa atau ditolak oleh para pihak diatas dapat mengakibatkan keterlambatan. Hilangnya pertanggungan asuransi dan kerugian keuangan. 2. Tanggung Jawab Nahkoda Sebagai perwakilan pemilik kapal nahkoda harus memastikan : Kapalnya memenuhi seluruh persyaratan keselamatam yang berlaku baik dari klas. Negara bendera dan pemilik  Kebersihan umum kapal memenuhi standar Para awak kapal mengerti dan memenuhi seluruh persyaratan keselamatan. Para awak kapal mengetahui tugasnya dengan baik.  Nahkoda harus melaksanakan pemeriksaan mingguan yang berkaitan dengan kebiasaan umum keselamatan dan kebersihan kapal. Latihan darurat d

Sistem Radar Navigasi, Keuntungan Radar, Data Penting Dari Radar, Teori Dasar Radar

Gambar
SISTEM RADAR NAVIGASI Radar adalah merupakan alat navigasi elektronis yang sangat penting bagi para perwira pelaut dikapal yang sedang berlayar. Tiga hal yang sangat membantu navigator dalam menjalankan tugas jaga bernavigasi diatas kapal, dibutuhkan 3 (tiga) sistem radar yaitu : 1. Radar untuk menjamin keselamatan bernavigasi atau untuk menentukan posisi kapal 2. Radar untuk mencegah bahaya tubrukan  (avoid collisions radar) 3.Radar untuk melaksanakan plotting Radar adalah singkatan dari Radio Direction and Ranging. KEUNTUNGAN RADAR : Radar lebih baik dari pada melihat langsung dengan mata seperti halnya tidak dapat melihat dalam keadaan kegelapan, cuaca berkabut tebal, hujan atau salju. Biasanya radar dapat menerima bayangan pada jarak yang sangat jauh dibanding penglihatan langsung dengan mata. Radar sebagai perlengkapan navigasi dilengkapi dengan layar monitor untuk mengamati seluruh objek-objek di daerah sekeliling kapalnya pada setiap derajat dari lapangan p

Faktor Yang Mempengaruhi Akurasi Radar

Gambar
Faktor Yang Mempengaruhi Akurasi Radar Sifat-sifat (karakteristik) Pesawat Radar Jarak capai maximum suatu radar tergantung dari : Peak power radar, makin besar peak power makin besar jarak capai maximum Makin besar panjang pulsa radar makin jauh jarak capainya. Tergantung dari PRF radar, disamping itu tergantung pula faktor-faktor yang lain itu. Bentuk lobe dari para pancaran radar, makin sempit bentuk lobe yang diarahkan makin kuat intensitas pancarannya. Sedangkan bentuk lobe ini tergantung pula dari susunan, bentuk dan ukuran antena, karena hal-hal tersebut mempengaruhi antenna gain (reflector gain). Tergantung dari sensitifitas pesawat penerima radar, karena untuk sasaran yang jauh echo yang dipantulkan sangat lemah, makin jauh makin lemah. Tetapi jika pesawat penerima radar sensitif, meskipun echo lemah sekali karena jauhnya sasaran, tetapi pesawat penerima radar akan masih dapat memberikan tegangan video yang cukup kuat. Tergantung dari tingginya antenna r

Cara Kerja Instalasi Pesawat Radar

Gambar
CARA KERJA INSTALASI PESAWAT RADAR Dimulai dari Bagian MASTER OSCILLATOR (disebut juga TIMER ) berfungsi membangkitkan pulsa-pulsa tegangan listrik masing-masing dengan selang waktu satu pulsa yang sangat pendek sekali (kira-kira antara 0,05 sampai 1,0   m det). Jumlah/banyaknya pulsa listrik yang dibangkitkan perdetik disebut Pulsa Repetition Frequency (PRF) dimana kira-kira 500 sampai 4.000 pulsa perdetik. Pulsa Tegangan Listrik (a)   Bentuk pulsa dibangkitkan oleh master oscillator (b)   Bentuk pulsa dibangkitkan oleh modulator (c)   Bentuk pulsa frekuensi sangat tinggi dibangkitkan oleh magnetron Pada skema diatas digambarkan fungsi MASTER OSCILLATOR sebagai pembangkit pulsa listrik dengan asumsi PRF adalah 1000, lihat grafik (a). Dimana oleh TRIGGER  setiap 1/1000 detik (1000 m det) dibangkitkan pulsa listrik dan seterusnya. Pulsa ini diteruskan ke bagian MODULATOR  dimana pulsa-pulsa dengan selang waktu yang pendek ini (kira-kira 0,1 m det) oleh M

Susunan Koordinat di Bumi

Gambar
  SUSUNAN KOORDINAT DI BUMI A.     ISTILAH Seperti telah diuraikan sebelumnya, bumi itu mempunyai bangun berbentuk bola, dan berputar dalam waktu 23 jam 56 menit 04 detik satu kali pada suatu garis yang kita namakan POROS-BUMI . Jadi poros-bumi itu adalah sebuah garis khayal, dimana bumi berputar. Poros-bumi memotong permukaan bumi pada dua titik, yang dinamakan KUTUB UTARA dan KUTUB SELATAN dari pada bumi. Muka atau bidang yang melalui titik pusat bumi dan tegak lurus pada poros bumi, memotong permukaan bumi menurut sebuah lingkaran besar, yang disebut KATULISNYA bumi. Katulistiwa membagi bumi menjadi dua setengah bulatan, ialah setengah bulatan atau belah bulatan Utara dan setengah bulatan atau belah bulatan Selatan. Jadi Katulistiwa itu sebenarnya adalah sebuah lingkaran besar, dimana bidangnya tegak lurus pada poros-bumi. Tiap-tiap titik di katulistiwa letaknya 90 o dari kutub-kutub. Maka itu Kutub Utara yang letaknya 90 o sebelah Utara dari katulistiwa, d

Pengoperasian Radar Navigasi

Gambar
PENGOPERASIAN RADAR NAVIGASI TINDAKAN UMUM DAN PROSEDUR MENGHIDUPKAN DAN PENGATURAN Maksudnya ialah: Agar didapatkan data/gambar yang tajam dan cukup teliti. Agar tidak berbuat kesalahan yang menimbulkan kerusakan, supaya radar dapat dipergunakan dengan waktu kerja yang lama. Tindakan umumnya adalah sama, yaitu : Sebelum kapal beroperasi (berlayar) perlu selalu mengadakan pengecekan bekerjanya radar. Sehingga kemungkinan akan adanya penggunaan radar yang tidak efektif dalam pelayaran dapat dihindari. Selalu harus diperhatikan sudah berapa lama radar tersebut bekerja, kapan waktunya sudah harus di service dan kelengkapan alat-alat perbaikan (maintenance) dan spare part harus tersedia cukup. Dalam mempergunakan radar harus selalu mengikuti ketentuan-ketentuan dan instruction manual dari radar yang dipergunakan. Ketika akan menjalankan radar harus diyakini antenna radar tidak sedang ditutup dan tidak ada orang yang berada di sekitarnya. Periksa supaya keduduka